Langsung ke konten utama

Data Flow Diagram


Data Flow Diagram (DFD) memberikan sebuah model tampilan visual yang menggambarkan aliran data atau informasi dalam sebuah sistem. Penggambaran DFD menyatakan dari mana/siapa(orang yang terlibat dalam proses system) datangnya informasi, dan dikirim kemana/ke pada siapa(orang yang terlibat dalam proses system) informasi tersebut dibutuhkan untuk di simpan dan diakses.
 Contoh DFD system Pemesanan barang

1. Context DFD
Gambar diatas menunjukkan  context diagram dari system Pemesanan barang. Pada gambar terdapat sebuah proses(shape) yang menggambarkan system tersebut pada model persediaan barang. Nampak juga orang-orang yang akan berinteraksi dengan system tersebut atau kadang dinamakan external entities. Pada contoh ini, supplier, karyawan bagian gudang, pemilik dan pelanggan adalah entities yang akan berinteraksi dengan system. Diantara proses dan external entities, ada data flow sebagai penghubung yang menunjukkan proses pertukaran informasi antara entities dengan system.
Context DFD adalah awal dari sebuah model data flow. Context DFD mengandung hanya satu proses dan tidak menunjukkan data yang disimpan.

2. Level 1 DFD
[caption caption="DFD level 1 sumber http://zulkarmen.com/"]

[/caption]

DFD level 1, yang merupakan dekomposisi(break down) dari proses system pemesanan barang. DFD system pemesanan barang mengandung 3 proses, 4 external entity dan 2 penyimpanan data. Berdasarkan gambar diagram, seorang pelanggan dapat melakukan pemesanan. System menerima pesanan itu dengan mencatat(menyimpan pesanan)ke dalam data pesanan, kemudian meneruskannya ke bagian gudang. System juga mengeluarkan sebuah tagihan pada Customer.

Manager dapat menerima laporan melalui proses Generate Reports, yang datanya diambil dari table Inventory dan Orders sebagai data input.

Manager dapat juga berinisiatif melakukan order inventory, dengan melakukan proses Order Inventory. Proses ini diteruskan ke pada supplier dan menyimpan data inventory yg sudah diupdate di table inventory.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Thomas Matulessy (Kapitan Pattimura)

Saya akan berbagi artikel tentang seorang pahlawan yang menginspirasi saya untuk selalu berani dan pantang menyerah dalam menyikapi setiap masalah yang datang ke hidup saya.  Orang itu bernama Thomas Matulessy atau yang lebih kita kenal dengan nama Kapitan Pattimura. Beliau lahir di Hualoy, Seram Selatan, Maluku, 8 Juni 1783 dan meninggal di Ambon, Maluku, 16 Desember 1817 pada umur 34 tahun.  Pattimura adalah sosok yang senantiasa berjuang untuk memerdekakan indonesia,ia juga sangat percaya diri saat akan melawan pasukan penjajah belanda. Bagi saya Kapitan Pattimura adalah sosok yang pemberani dan memiliki semangat juang yang tinggi dan memiliki sifat tanggung jawab yang besar dan juga rela berkorban demi orang lain. karena pada waktu pecah perang melawan penjajah Belanda tahun 1817, Raja-raja Patih, Para Kapitan, Tua-tua Adat dan rakyat mengangkatnya sebagai pemimpin dan panglima perang karena berpengalaman dan memiliki sifat-sfat kesatria (kabaressi)....

Pengertian Diagram Class, Use Case, Sequence Diagram

 Sequence Diagram Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu. Obyek-obyek tersebut kemudian diurutkan dari kiri ke kanan, aktor yang menginisiasi interaksi biasanya ditaruh di paling kiri dari diagram. Pada diagram ini, dimensi vertikal merepresentasikan waktu. Bagian paling atas dari diagram menjadi titik awal dan waktu berjalan ke bawah sampai dengan bagian dasar dari diagram. Garis Vertical, disebut lifeline, dilekatkan pada setiap obyek atau aktor. Kemudian, lifeline tersebut digambarkan menjadi kotak ketika obyek melakukan suatu operasi , kotak tersebut disebut activation box. Obyek dikatakan mempunyai live activation pada saat tersebut. Pesan yang dipertukarkan antar obyek digambarkan sebagai sebuah anakpanah antara activation box pengirim dan pener...

SOFTWARE

Berikut merupakan review pertemuan mata kuliah Rekayasa Perangkat lunak yang diampu oleh Bapak Bambang Prasetya Adhi, S.Pd., M.Kom. Yang di jadwalkan pada hari kamis lalu, 19 September 2019. Software/Perangkat Lunak  adalah program komputer yang mempunyai fitur, fungsi, struktur data yang memungkinkan program untuk memanipulasi informasi dan dokumentasi yang mendeskripsikan operasi dari progam. Software tidak akan usang karena suatu software mempunyai tujuan tertentu dan bisa dibilang selalu berkembang. Suatu software harus beradaptasi pada lingkungannya dan akan selalu meningkat terhadap kebutuhan bisnis baru Karakter Aplikasi Web Dapat diakses semua kalangan (Network intensiveness) Concurrency Unpredictable load Performance Availability Data driven Content sensitive Continous evolution Immediacy Security Aesthetics Umbrella Activities Software project management Formal technical reviews Software quality assurance Software configura...